Bagaimana Cara Memilih Software Absensi Ideal untuk Bisnis Anda?

Bagaimana Cara Memilih Software Absensi Ideal untuk Bisnis Anda?


Di era digital, menerapkan metode absensi berbasis kertas dan pena sudah tidak relevan. Bahkan, instansi pemerintahan di berbagai pelosok desa sudah menggunakan aplikasi absensi berbasis online yang modern dan fleksibel. Dalam bisnis, sistem absensi sudah seharusnya diterapkan untuk memudahkan karyawan mencatat jam kerja dan membuktikan profesionalismenya. 
Mengingat ada berbagai bentuk sistem absensi di pasaran, bagaimana cara memilih aplikasi absensi ideal untuk perusahaan Anda? Jangan khawatir, berikut adalah panduan yang bisa Anda ikuti.


1. Sesuaikan Kebutuhan Bisnis Anda
Metode pencatatan kehadiran karyawan apa yang paling ideal untuk bisnis Anda? Hanya Anda yang bisa memahaminya. Pasalnya, setiap bisnis memiliki kebutuhan masing – masing. Ada beberapa perusahaan yang memiliki sistem kerja shift atau jadwal kerja yang berubah – ubah, dengan menerapkan aplikasi absensi yang pengaturannya fleksibel, akan lebih mudah mengatur sistem jam kerja karyawan sesuai kebutuhan. 

Misalnya, sistem absensi yang dapat diintegrasikan dengan proses perhitungan payroll. Dengan adanya sistem aplikasi absensi yang akurat, proses perhitungan payroll juga akan lebih praktis, cepat dan otomatis. Selain itu, perlu diperhatikan pula jenis aplikasi karyawan yang bisa mencakup jumlah karyawan yang terus meningkat di masa depan.

2. Fitur dan Fungsi Bermanfaat
Beberapa aplikasi dan mesin absensi menawarkan fitur – fitur yang menarik untuk melengkapi sistem absensi perusahaan Anda. Akan tetapi, tidak semua jenis fitur ini bisa berguna, karena menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Sebagai contoh, pada jenis perusahaan yang para karyawan kebanyakan harus bekerja di luar ruangan, maka mesin absensi berteknologi pelacakan waktu adalah yang paling ideal. 

Sementara, ada juga beberapa perusahaan yang membutuhkan jenis sistem absensi yang mudah digunakan di mana saja karena karyawan ada yang harus bekerja secara remote dari luar kota atau luar pulau. Maka, aplikasi karyawan berbasis website akan lebih fleksibel dan mampu memenuhi kebutuhan absensi. Fungsi lain yang perlu dipertimbangkan adalah jenis aplikasi absensi yang terhubung dengan sistem penggajian. Tim HR tidak perlu repot meminta bantuan tim IT untuk mengakses data karyawan, karena dalam satu aplikasi absensi sudah dapat mengelola data karyawan hanya dalam beberapa klik untuk menghitung penggajian, tunjangan, iuran BPJS hingga pajak PPH 21. 

3. Aplikasi Absensi yang Harganya Terjangkau
Anda sudah menemukan metode absensi yang ideal dan sesuai ekspektasi? Kini saatnya, berburu harga terbaik. Kendati metode absensi sudah cocok untuk diterapkan, namun apabila harganya terlalu melebihi anggaran, tentu akan menambah beban finansial perusahaan. 

Pilihlah software absensi yang harganya terjangkau dan menawarkan investasi terbaik untuk masa – masa mendatang. Terutama dari sisi fleksibilitas. Pastikan jika aplikasi absensi sudah diterapkan nanti, seiring waktu dengan pertambahan jumlah karyawan, aplikasi dapat diubah dan disesuaikan kebutuhan. Dengan begitu, tidak perlu lagi membeli aplikasi baru ketika ada penambahan jumlah karyawan. 

4. Layanan Maintenance
Menggunakan aplikasi pencatatan kehadiran, bukan mustahil terdapat kendala mengenai penggunaan atau tata cara operasional hingga kendala teknis. Pastikan Anda telah memilih jenis aplikasi absensi yang dilengkapi layanan maintenance profesional dan kredibel. 
Sehingga kapan saja ada kendala dalam penerapan, tim teknisi akan bersedia membantu meningkatkan sistem absensi perusahaan Anda secara maksimal. 

***

Untuk mengetahui berbagai fungsi dan fitur serta layanan tim LinovHR, kunjungi website https://www.linovhr.com/. Tak perlu bingung, serahkan pengelolaan absensi karyawan Anda pada ahlinya, LinovHR. Platform LinovHR siap membantu manajemen SDM perusahaan Anda yang lebih efektif dan efisien. Hubungi +62 21 2854 2835 untuk trial aplikasi absensi LinovHR gratis.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top